9 Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

9 Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Bahkan, ada beberapa cara untuk meredakan sesak napas. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya ini, harus ditekankan bahwa metode ini tidak berarti pengobatan penyakit. Untuk ini seorang dokter harus dikonsultasikan.

Napas pendek atau sesak napas terjadi saat Anda mengalami kesulitan bernapas karena kekurangan oksigen dalam tubuh Anda.

Ini terjadi ketika bagian-bagian tubuh Anda lebih cocok untuk bernafas, misalnya. Paru-paru, otot-otot dinding bagian dalam dan diafragma.

Dengan melaporkan Healthline pada gangguan pernapasan, dimungkinkan untuk mengakali dengan metode sederhana berikut ini.

9 Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

1. Bernafas dengan bibir mengerucut
Dengan teknik ini, Anda dapat memperlambat laju pernapasan Anda. Anda juga bisa bernafas lebih dalam. Anda dapat melakukannya dengan bernapas teratur, menghitung dalam dua langkah. Kemudian hembuskan melalui bibir yang mengerucut untuk menghitung sampai empat.

2. Duduk dalam posisi miring sambil sedikit miring
Duduk terbukti memudahkan bernafas, karena Anda lebih santai dalam posisi ini. Caranya: Duduklah dengan kaki di lantai. Letakkan dada dengan siku ke depan berlutut atau pegang dagu dengan tangan. Pastikan otot bahu dan leher Anda tetap rileks.

3. Berdirilah di dinding
Metode ini merilekskan tubuh Anda dan memperlancar napas Anda. Rentangkan kaki selebar bahu dan letakkan tangan di paha. Relakskan tubuh Anda dan condongkan tubuh ke depan. Anda juga bisa meletakkan tangan di atas meja agar otot bahu dan leher tetap rileks.

4. Berbaring santai
Berbaring telentang dengan kepala dan bantal. Juga letakkan bantal di lutut Anda. Jaga punggung Anda lurus. Dengan cara ini saluran udara menjadi lebih mengalir.

5. pernapasan diafragma

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online dan offline – sangat mudah!
Rahasia panjang umur Jepang yang menguji 8 fakta gaya hidup mereka
Temukan 12 Indikator Keluarga Sehat dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Meet Me!
Anda dapat mengambil napas itu dengan duduk di kursi. Kepala, leher, bahu, dan lutut rileks. Cobalah untuk meletakkan satu tangan di perut Anda dan yang lain di dada Anda. Bernapas melalui hidung dan rasakan napas bergerak di perut. Buang napas sampai otot perut menjadi tegang. Lakukan melalui mulut kerucut. Berikan lebih banyak tekanan saat Anda mematikannya. Meskipun demikian, Anda meledak untuk waktu yang lama.

Batuk yang terkontrol dapat menghilangkan lendir di tenggorokan dan di sekitar paru-paru. Dengan begitu Anda bisa bernafas lebih mudah.

7. Gunakan kipas angin
Udara segar yang dihembuskan oleh ventilator dapat meredakan sesak napas. Anda hanya perlu menyalakan kipas angin dan bernafas. Pastikan kipas Anda bersih pula.

8. minum kopi
Kopi juga dianggap berguna untuk melemaskan otot-otot jalan napas pada penderita asma. Anda bisa mengonsumsi kopi secukupnya.

9. Carilah udara bersih dan hindari kontak dengan asap rokok
Bagi Anda yang kecanduan rokok, cobalah mengurangi atau bahkan menghentikannya. Menghirup udara bersih juga bisa menghembuskan udara.

Baca Juga :