Cara Membuat Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar

mcoin.co.id – Surat lamaran adalah surat halaman penuh yang berisi informasi tentang kandidat dan nominasi untuk posisi tertentu. Sebagai aturan, surat lamaran dikirimkan bersama dengan surat kemajuan. Saat menulis surat lamaran, Anda harus memperhatikan tiga paragraf penting. Paragraf pertama berisi informasi tentang tawaran pekerjaan, posisi yang ingin Anda isi dan alasan mengapa Anda ingin mengisi posisi itu. Mari kita hadapi itu: menginginkan uang atau memperluas pengalaman Anda dan / atau berkembang.

Paragraf kedua berisi keterampilan Anda, pendidikan Anda saat ini, pengalaman kerja atau sesuatu yang berkaitan dengan kekuatan Anda dalam kaitannya dengan lowongan dan meyakinkan pembaca surat Anda bahwa Anda benar-benar cocok untuk bekerja di sana, dan saya pikir ini adalah sangat penting, pada paragraf ketiga, catat perasaan Anda ketika Anda diundang ke tes wawancara dan pastikan Anda dapat dihubungi kapan saja dan di mana saja untuk menentukan waktu dan tempat tes wawancara. Saat menulis surat lamaran Anda, pastikan Anda memasukkan nama dan lokasi perusahaan yang benar dan ingat untuk membaca kembali surat Anda untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa. Bersenang-senang saat Anda bekerja

Surat lamaran atau surat lamaran adalah surat dari seseorang yang bisa mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pada dasarnya sama dengan surat penawaran. Dalam surat lamaran, seseorang menawarkan layanan yang disediakan pemohon ke kantor / agensi tempat dia melamar. Layanan yang ditawarkan dapat diberikan dalam bentuk instruksi singkat, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kemampuan atau kepribadian. Data tertulis lengkap dan pendek disebut data kualifikasi.

Surat lamaran adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di perusahaan, kantor atau agensi tertentu. Secara umum, surat lamaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu surat lamaran dan pencalonan inisiatif sendiri. Surat lamaran akan dimasukkan dalam kategori surat resmi atau resmi, oleh karena itu beberapa aspek harus dipertimbangkan selama penulisan.

Struktur linguistik dari surat lamaran (setelah EYT)

Menulis surat lamaran harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan pengertian untuk membangkitkan hati orang-orang yang menawarkan tawaran pekerjaan ini. Saat menulis, perlu juga menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif, penggunaan bahasa standar dan ejaan yang benar dan benar. Semua ini harus jelas, ditulis, atau diketik.
Saat menulis surat lamaran, perlu tidak hanya memperhatikan sistem, tetapi juga penggunaan bahasa sebagai struktur, diksi, kejelasan kalimat, hubungan antar-verbal dan EYD.

Dalam hal struktur, Anda dapat membaca contoh berikut dari struktur kalimat:
Terima kasih atas perhatian Anda (Kanan)
Terima kasih atas perhatian Anda (Salah)

Diksi atau pilihan kata dalam surat lamaran harus benar. Ini bisa dilihat pada contoh berikut.

Dengan hormat (kanan)
Salam (salah)

Penggunaan kalimat harus singkat dan jelas. Jangan menulis panjang, kalau tidak Anda akan bosan saat membaca. Berikut ini adalah contoh kalimat pendek tapi jelas

Jadi permintaan saya, jadi bisa dipertimbangkan.

Hubungan kalimat (kohesi) harus dikorelasikan antara satu kalimat dan lainnya. Selanjutnya, tanda baca harus diperhitungkan.

contoh:
PT. GAS Surabaya (salah)
“PT” tidak boleh diikuti oleh tanda baca (.)
PT GAS Surabaya (kanan)

Lampiran aplikasi meliputi:
1. Fotokopi identitas;
2. Foto copy ijazah terakhir;
3. sertifikat perilaku baik;
4. sertifikat pencari kerja;
CV ke-5;
6. foto.

Surat lamaran umumnya didasarkan pada iklan pekerjaan yang diterbitkan di surat kabar atau majalah. Beberapa mengandalkan iklan di media elektronik seperti radio dan televisi. Font harus mengandung iklan di media cetak.

Atas dasar apa atau dari mana informasi pekerjaan berasal dan riwayat hidup harus dilampirkan. Ini juga menjelaskan beberapa kemungkinan yang kita miliki: argumen penjualan sehingga bisa “dibeli” oleh perusahaan. Kami jujur ​​harus menuliskan segala sesuatu yang menjadi perhatian kami, karena ini adalah langkah pertama untuk menjadi seorang profesional sejati. Akhirnya, kami melampirkan stempel atau tanda tangan sebagai bukti tanggung jawab atas beberapa informasi. Selanjutnya, dimungkinkan untuk membuat surat lamaran berdasarkan iklan pekerjaan.

Surat lamaran untuk fungsi bilah kerja berlaku untuk bekerja di perusahaan atau seseorang dengan kondisi tertentu, seperti: Untuk pria dan wanita, pendidikan tinggi dan usia minimum 20 tahun dan seterusnya.

Elemen-elemen dalam menyiapkan surat lamaran:

Dalam surat lamaran ada unsur penulisan, yaitu:

Kertas berkepala 1
2. alamat tujuan
3. Tanggal surat
4. Buka salam
5. pemotong kertas
6. konten
7. Identitas atau identitas pemohon
8. tujuan surat lamaran
9. Instalasi untuk persyaratan khusus
10. Surat pengantar
11. tanda tangan dan nama pemohon dengan jelas

Karena permintaan mereka dan keinginan mereka untuk dikabulkan, ketika menulis surat lamaran, hal-hal berikut harus diingat:

1. Gunakan kertas putih bersih.
2. lebih disukai tulisan tangan dengan bolpoin hitam atau atas permintaan.
3. Gunakan bahasa yang efektif dan bersahaja dengan kalimat pendek dan jelas.
4. memenuhi persyaratan dengan melampirkan bukti.

Sistematis dan karakteristik surat lamaran
Sistem surat lamaran:
1. Tempat dan tanggal lahir
2. Lampiran dan subjek
3. Alamat pos
4. Buka salam
5. paragraf pengantar
6. Lengkap
7. Tutup
8. Tanda tangan dan nama-nama brilian

1. Tempat dan tanggal

Tempat dan tanggal akan ditempatkan di sudut kanan atas tanpa titik di ujung karena itu bukan Kalamat.

Contoh: Bumiayu, 28 Agustus 2013

2. Lampiran dan subjek

Kata “lampiran” dan “subjek” tidak disingkat sebagai “lampu”. atau sesuatu seperti itu.
Ø Angka-angka di kolom lampiran ditulis dengan huruf.

contoh:
Lampiran: empat daun
Subjek: notifikasi

3. Alamat pos

Ø Jangan menggunakan kata “to”
Ø Alamat yang disarankan terdiri dari tidak lebih dari tiga baris
Ø Posisi tidak dapat menggunakan jenis kelamin sebagai ayah atau ibu
Ø Kata-kata “jalan di alamat tidak boleh disingkat
Ø Jangan menggunakan poin di akhir setiap baris

contoh:
Manajer Sukses Mandiri yang terhormat
Jalan M. Yamin no. 02, Kalibata
Jakarta

4. Buka salam

Ø Gunakan koma setelah kata “respek”
Ø Kata hormat harus dikombinasikan dengan kalimat berikutnya, bahkan jika Anda mengganti baris seperti biasa, itu masih dapat digunakan.

contoh:
Hormat berdasarkan. ,,,,,, (Disarankan)
Hormat kami
Berdasarkan. ,,,,,,,, (masih bisa digunakan)

5. paragraf pengantar

Di paragraf pertama, Anda harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan tidak menghina agensi yang membacanya.

6. Lengkap

Konten tersebut meliputi:

Ø Identitas
Maksudnya informasi dalam bentuk nama, tempat lahir, alamat, instruksi terakhir dan dapat diintegrasikan lagi jika perlu. Saat menulis informasi sebelumnya, huruf kapital tidak digunakan dalam kata awalan.

contoh:
Nama: Nitriana Safitri
Tempat lahir: Jakarta, 7 Januari 1995
Pelatihan terakhir: S1 dalam sastra Inggris
Alamat: Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273

Ø Maksud dan tujuan
Tentukan deskripsi alasan mengapa pengirim atau pemohon menulis surat.

Ø Tunjukkan lampiran
Aplikasi berisi banyak lampiran pada persyaratan yang diminta oleh agen yang membutuhkan tenaga kerja. Selanjutnya, pemohon harus memenuhi struktur yang diminta.
Dalam lampiran ini, dua poin digunakan untuk setiap akhir kalimat dan satu titik untuk akhir lampiran.

contoh:
1. Foto copy ijazah yang dilegalisir;
2. Fotokopi kartu identitas;
3. Dua potong foto dalam format 3×4.

7. Tutup

Akhirnya, kita harus menunjukkan antusiasme kita untuk melamar ke agensi yang kita cita-citakan.

Contoh: dalam surat lamaran yang saya tulis, saya berharap menjadi bagian dari perusahaan. ,,,,,,,,

8. Tanda tangan dan nama-nama brilian

Tanda tangan ini terletak di sudut kanan bawah surat, sehingga nama lengkapnya tertulis di bawah ini.
Contoh: jujur

Sumber: https://www.masterpendidikan.com/2019/05/struktur-surat-lamaran-pekerjaan.html

Baca Artikel Lainnya:

Cara Memperlancar Sirkulasi Peredaran Darah Pada Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Beras Merah Untuk Kesehatan