Manfaat Mengkonsumsi Beras Merah Untuk Kesehatan

mcoin.co.id – Nasi yang ditransformasikan menjadi nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain nasi putih, ada varietas padi lain yang juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, yaitu beras merah. Tahukah Anda apa manfaat Nasi Merah bagi kesehatan Anda?
Manfaat kesehatan beras merah

Salah satu manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh adalah manfaatnya untuk program diet. Beras merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang akan menurunkan berat badan karena beras merah mengandung lebih sedikit gula daripada nasi putih. Selain itu, telah ditunjukkan bahwa beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Efektivitas beras merah untuk kesehatan sangat tinggi. Karena itu, perlu diketahui manfaat kesehatan apa yang dimiliki tubuh untuk memanfaatkan salah satu dari sumber karbohidrat utama ini. Secara khusus,

manfaat dan manfaat beras merah berikut untuk kesehatan:

1. Periksa diabetes Anda

Manfaat kesehatan pertama dari beras merah adalah pengendalian diabetes pada penderita diabetes dan pasien hiperglikemik. Beras merah memiliki indeks glikemik rendah, yang membantu mengurangi kadar insulin dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi perbandingan menunjukkan bahwa beras merah, yang kaya akan asam fitat, serat dan polifenol, adalah penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu melepaskan gula lebih lambat dari nasi putih.

The Diabetes Association di Amerika Serikat juga merekomendasikan untuk memilih beras merah bergizi daripada nasi putih sehingga penderita diabetes dapat memenuhi kebutuhan vitamin, serat dan mineral dalam makanan mereka. Telah terbukti bahwa beras merah memang memiliki manfaat kesehatan yang terkait dengan memerangi diabetes, sehingga kondisi tubuh penderita diabetes tidak memburuk.

2. Mencegah obesitas

Ini adalah manfaat kesehatan kedua dari beras merah. Nasi merah berperan dalam pengendalian berat badan pada orang yang melawan obesitas. Mengandung mangan, yang membantu dalam sintesis lemak tubuh. Sebuah studi yang dilakukan dalam kasus ini telah menunjukkan bahwa konsumsi biji-bijian seperti beras merah memiliki efek positif pada tubuh dalam hal mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan kadar lemak.

Beras merah juga meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, enzim antioksidan yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL pada individu yang kelebihan berat badan. Studi perbandingan lainnya juga menunjukkan pengaruh kecambah beras merah terhadap obesitas. Bagi mereka yang mengikuti program penurunan berat badan, beras merah sering direkomendasikan untuk dikonsumsi selama diet. Dalam hal ini manfaat beras merah bagi kesehatan tidak terlalu penting?

3. Mencegah Alzheimer

Siapa yang mengira bahwa beras merah memiliki manfaat kesehatan dalam konteks pencegahan Alzheimer? Efektivitas beras merah membantu mencegah komplikasi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer, yang dikaitkan dengan jumlah asam gama-aminobutyric dalam beras merah.

Beras merah berkecambah mengandung komponen yang berguna yang membantu menghambat enzim berbahaya yang disebut prolyl endopeptidase, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Ini juga berguna untuk gangguan otak lainnya seperti demensia dan amnesia. Manfaatkan beras merah untuk kesehatan ini untuk mencegah Alzheimer yang tidak diinginkan

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Keunggulan keempat beras merah adalah peningkatan kesehatan jantung. Beras merah kaya akan selenium, yang memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Konsumsi produk gandum seperti beras merah membantu mengurangi penyumbatan arteri karena pembentukan plak.

Efek perlindungan ini mengurangi risiko masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah. Studi yang dilakukan dalam kasus ini menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butir beras merah mengandung komponen yang bertindak melawan protein endokrin angiotensin II, yang memainkan peran penting dalam pengembangan hipertensi dan arteriosklerosis.

5. Periksa kadar kolesterol Anda

Ini adalah manfaat kesehatan kelima dari beras merah. Beras merah adalah pilihan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol sehat karena mengandung minyak alami. Sebuah survei menunjukkan bahwa beras merah memiliki hipokolesterolemia dan karenanya mengatur metabolisme kolesterol. Mengandung nutrisi bermanfaat yang mendukung metabolisme lemak dan glukosa.

Studi lain menemukan bahwa konsumsi beras merah menunjukkan peningkatan kadar kolesterol serum dan HDL yang signifikan pada individu dengan penyalahgunaan etanol kronis. Ahli tersebut juga menyatakan bahwa perkecambahan ekstrak beras merah membantu mencegah terjadinya trigliserida hati karena konsumsi alkohol yang berlebihan karena adanya asam gamma-aminobutyric. Misalnya, manfaat kesehatan dari beras merah dapat diambil secara khusus oleh mereka yang sering mengonsumsi alkohol untuk mencegah kerusakan hati.

6. Tingkatkan kekebalan

Beras merah mengandung banyak vitamin penting, mineral dan komponen fenolik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat kesehatan dari Brown Rice Point 6 termasuk menjaga tubuh, mempercepat penyembuhan dan meningkatkan kemampuannya untuk melawan infeksi.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat kesehatan ketujuh dari beras merah adalah meningkatkan kesehatan tulang. Benar, beras merah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kaya akan magnesium dan kalsium, yang dapat menyediakan struktur fisik tulang. Kandungan beras merah yang kaya magnesium mencegah demineralisasi tulang dan memiliki efek menguntungkan pada penyakit seperti radang sendi dan osteoporosis.

8. Mengurangi stres pada ibu menyusui

Manfaat beras merah untuk kesehatan mental ibu menyusui. Sebuah studi investigasi telah menunjukkan hasil positif pada wanita menyusui sehubungan dengan pengurangan gangguan mood, depresi dan kelelahan. Ini juga menunjukkan bahwa makan nasi merah selama menyusui meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan stres dan meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh secara umum.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Nasi merah adalah makanan pokok yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat di dalamnya mengatur fungsi usus dan membuat Anda merasa kenyang. Sebuah studi perbandingan yang meneliti efek dari nasi putih dan beras merah selama pencernaan lambung telah menunjukkan secara kualitatif bahwa lapisan dedak mencegah konsumsi asam dan kelembaban, yang menghasilkan retensi konsistensi yang lebih baik. Kandungan serat juga meringankan kondisi lain seperti sembelit dan kolitis.

10. Mencegah kanker

Beras merah sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker usus besar, kanker payudara dan leukemia. Efek menguntungkan ini dapat dikaitkan dengan adanya antioksidan kuat dan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Kandungan serat dalam beras merah memiliki kemampuan untuk mengikat racun berbahaya yang menyebabkan kanker dalam tubuh.

Beras merah juga dapat membantu mencegah kepatuhan racun pada dinding usus besar dan membantu mereka menghilangkannya dari tubuh. Sebuah studi investigasi yang meneliti sifat kemopreventif beras alami mengkonfirmasi bahwa bekatul mengandung fenol esensial seperti tricin, asam ferulat dan asam caffeic, yang hadir dalam proporsi yang jauh lebih rendah daripada nasi putih.

Komponen fenolik ini sangat berharga dalam menghambat proliferasi sel kanker usus besar dan payudara. Studi lain menunjukkan efek stimulasi perkecambahan beras merah pada induksi apoptosis dan efek penghambatannya pada produksi sel kanker leukemia. Selain itu, penelitian ini juga mengkonfirmasi efek antitumor dari dedak beras merah untuk makanan.

Bahan dan efek samping dari beras merah

Selain manfaat beras merah untuk kesehatan Anda, Anda juga memiliki efek samping dari beras merah yang diterima tubuh ketika dikonsumsi terlalu banyak. Di antara berbagai manfaat beras merah, kebanyakan orang berasumsi bahwa beras merah lebih sehat daripada nasi putih, karena kalori beras merah dalam toples mengandung 218 kalori. Benar-benar?

Apakah konsumsi beras merah setiap hari menimbulkan efek samping? Tentu saja, semua makanan yang kita anggap sehat dan yang kita konsumsi setiap hari menimbulkan efek samping, bukan dengan beras merah ini

Apa efek samping dari konsumsi beras merah setiap hari?

Manfaat beras merah dapat mengikat vitamin dan mineral seperti seng, tembaga, seng, magnesium, niasin dan kalsium, karena beras merah mengandung asam folat dan lektin, membuat pencernaan sulit bagi tubuh. Lebih jauh lagi, efektivitas beras merah juga dapat menghambat enzim pepsin, yang digunakan untuk memecah protein dalam Pepson, sehingga dapat mengganggu pencernaan.

Tidak hanya beras merah mengandung asam folat dan lektin, tetapi juga mengandung sindrom permeabilitas usus, yang meningkatkan permeabilitas usus, menyebabkan kerusakan jaringan dan mencegah masuknya protein, bakteri jahat dan partikel lain ke dalam aliran darah. Ini dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya seperti gangguan mental dan penyakit autoimun.

Sehubungan dengan penjelasan ini, ada baiknya makan nasi merah dengan benar dan tidak berlebihan agar tidak memiliki efek negatif pada tubuh.

Baca Artikel Lainnya:

5 penyakit kulit yang mudah dikenali

Toyota Lampung Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya