Pengertian Merger Beserta Jenis

Memahami Merger

Merger adalah proses menggabungkan dua perusahaan, di mana salah satunya berdiri dan menggunakan nama perusahaan, sementara perusahaan lain menghilang dan semua kekayaannya dimasukkan ke dalam perusahaan yang masih ada.

Ada juga penjelasan bahwa ide merger adalah untuk menggabungkan dua perusahaan menjadi satu, di mana perusahaan yang melakukan merger mengasumsikan semua aset dan kewajiban perusahaan yang menerima merger.

Merger adalah salah satu bentuk ekspansi eksternal perusahaan dengan menggabungkan dua atau lebih perusahaan, di mana hanya satu nama perusahaan yang tersisa, sementara perusahaan lain hancur karena alasan hukum tanpa harus dilikuidasi terlebih dahulu. Proses penggabungan dapat dijelaskan sebagai berikut;

Perusahaan A + Perusahaan B = Perusahaan A

Untuk lebih memahami apa itu merger, kita dapat beralih ke pendapat para pakar berikut:

Menurut Abdul Moin (2003)

Merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan, maka hanya satu perusahaan yang tetap menjadi badan hukum, sedangkan yang lainnya berhenti beroperasi atau melakukan pembayaran.

Perusahaan terlarut mentransfer aset dan liabilitas kepada perusahaan yang mengambil kepemilikan, sehingga perusahaan yang memiliki kepemilikan mengalami peningkatan aset.

Menurut M. E. Hitt

Merger adalah strategi bisnis yang diterapkan dengan menggabungkan dua atau lebih perusahaan yang setuju untuk mengintegrasikan operasi mereka dengan cara yang relatif seimbang, karena mereka memiliki sumber daya dan peluang yang bersama-sama dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang lebih kuat.

Menurut Zaki Baridvan (Hamid, 1998)

Merger adalah proses mengambil saham oleh perusahaan terhadap perusahaan lain, ketika perusahaan yang diserap bukan lagi perusahaan yang terpisah, tetapi telah menjadi bagian dari perusahaan yang telah mengakuisisi lebih banyak.

Tujuan merger

Pengertian Merger Beserta Jenis

1. Pertumbuhan atau diversifikasi

Perusahaan dapat melakukan merger atau akuisisi jika ingin tumbuh lebih cepat, baik dalam ukuran, di pasar saham, dan dalam diversifikasi bisnis.

2. Peningkatan dana

Perusahaan yang ingin berekspansi di dalam negeri pasti membutuhkan dana. Persyaratan dana ini dapat diperoleh melalui ekspansi eksternal, yaitu, asosiasi dengan perusahaan dengan likuiditas tinggi.

3. Menciptakan Sinergi

Salah satu tujuan merger adalah untuk mencapai sinergi, yaitu penciptaan skala ekonomi.

Sinergi akan terlihat jelas ketika perusahaan bergabung dengan perusahaan yang membentuk bisnis yang sama, karena dapat meningkatkan efisiensi tenaga kerja dan fungsinya.

4. Aspek perpajakan

Pengeluaran pajak dapat menyebabkan kerusakan pada perusahaan. Perusahaan yang mengalami kerugian pajak dapat bergabung dengan perusahaan yang menghasilkan laba untuk mengambil keuntungan dari kerugian pajak. Dalam hal ini, perusahaan yang melakukan akuisisi akan meningkatkan total pendapatan setelah pajak dengan mengurangi pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang diakuisisi.

Baca Juga :