Pengertian Sistem Informasi, Fungsi dan Manfaatnya

Sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi untuk keputusan manajemen dan juga untuk implementasi proses bisnis. Sistem ini merupakan kombinasi dari orang, teknologi informasi dan proses yang terorganisir.

Sistem informasi adalah kumpulan perangkat lunak, perangkat keras, brainware, proses, dan aturan yang disusun untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.

Sistem informasi adalah unit data yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output dalam bentuk gambar, suara dan teks. Menurut bukupedia sistem informasi adalah serangkaian komponen pembangun sistem yang memiliki hubungan antara komponen lain yang bertujuan untuk menghasilkan informasi dalam bidang tertentu.

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Fungsi Sistem Informasi

Fungsi-fungsi sistem informasi ditunjukkan di bawah ini:

  1. Memfasilitasi manajemen dalam perencanaan, pemantauan, pengarahan, dan pendelegasian pekerjaan ke semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang disajikan secara akurat dan segera.
  3. Tingkatkan produktivitas dan hemat biaya dalam satu perusahaan.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit kerja terkoordinasi dan sistematis.

Manfaat Sistem Informasi

Berikut ini adalah keunggulan sistem informasi:

  1. Ini dapat meningkatkan aksesibilitas data yang disajikan kepada pengguna informasi secara akurat dan cepat tanpa melalui sistem perantara.
  2. Sistem informasi dapat menjamin kualitas dan keterampilan dalam manajemen kritis suatu sistem.
  3. Sistem informasi dapat memprediksi dan memahami konsekuensi ekonomi dari sistem dan teknologi informasi baru.
  4. Kembangkan rencana yang lebih efektif.
  5. Identifikasi persyaratan sistem informasi dukungan.
  6. Tentukan investasi yang dilakukan untuk sistem informasi.
  7. Meningkatkan produktivitas dalam pengembangan sistem dan aplikasi pemeliharaan.
  8. Memproses semua transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan.

Tujuan Sistem Informasi

Berikut ini adalah tujuan dari sistem informasi:

  1. Berikan informasi yang digunakan untuk menghitung biaya layanan, produk, dan persyaratan manajemen lainnya.
  2. Ini berisi informasi tentang perencanaan, pengendalian, evaluasi, dan peningkatan berkelanjutan.
  3. Memberikan informasi tentang proses pengambilan keputusan.

Sekian artikel tentang Pengertian Sistem Informasi, Fungsi dan Manfaatnya semoga bermanfaat.

Baca Juga: