Pentingnya Belajar Mandiri

mcoin.co.id – menurut kamus besar bahasa Indonesia, adalah keadaan di mana seseorang dapat sendirian tanpa bergantung pada orang lain. Definisi belajar mandiri menurut Hiemstra (1994: 1) adalah sebagai berikut:

Setiap orang berusaha meningkatkan tanggung jawab atas berbagai keputusan.
Pembelajaran mandiri dianggap sebagai properti yang sudah ada pada setiap orang dan dalam situasi belajar.

Belajar mandiri

tidak berarti memisahkan diri dari orang lain.
Melalui pembelajaran mandiri, siswa dapat mentransfer hasil belajar mereka dalam situasi lain dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan.

Siswa otodidak dapat memasukkan berbagai sumber daya dan kegiatan, seperti: Misalnya, membaca sendiri, belajar kelompok, latihan, dialog elektronik dan korespondensi.
Peran efektif guru dalam wirausaha masih dimungkinkan, untuk ini termasuk dialog dengan siswa, penelitian sumber daya, evaluasi hasil dan penawaran ide-ide kreatif.
Beberapa lembaga pendidikan mengembangkan belajar mandiri dalam program yang lebih terbuka (misalnya Universitas Terbuka) sebagai pembelajaran individu alternatif dan program inovatif lainnya.

Dari definisi pembelajaran mandiri berdasarkan Hiemstra di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku belajar mandiri siswa dalam mencapai niat atau keinginan mereka yang sebenarnya adalah untuk tidak bergantung pada orang lain. Dalam hal ini, siswa dapat belajar sendiri dan menentukan metode belajar yang efektif. Melakukan tugas belajar dengan baik dan melakukan kegiatan belajar secara mandiri.

Kegiatan belajar mandiri

Keberadaan keterampilan yang ditetapkan oleh siswa sendiri untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan oleh program pelatihan untuk setiap mata pelajaran.
Ada proses belajar yang ditetapkan siswa untuk diri mereka sendiri.
Adanya input pembelajaran yang diatur dan dicari sendiri. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa dengan atau tanpa bantuan guru.
Adanya kegiatan penilaian diri (self-assessment) yang dilakukan oleh siswa sendiri. e) Adanya kegiatan refleksi pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa.
Tinjau pengalaman atau ulasan pengalaman siswa sebelumnya.
Ada upaya untuk mempromosikan pembelajaran di sekolah.
Adanya kegiatan belajar aktif.

Dari uraian kegiatan pembelajaran oleh pelatihan Haris Mudjiman di atas dapat disimpulkan bahwa siswa adalah siswa yang belajar mandiri, mereka dapat menentukan keterampilan belajar mereka sendiri untuk menemukan input pembelajaran mereka sendiri dan melaksanakan kegiatan penilaian diri. merenungkan proses pembelajaran, siswa melalui

Sumber: https://www.berpendidikan.com

Baca Artikel Lainnya:

Tips Hidup Sederhana

Pentingnya minum air putih saat berbuka puasa hingga subuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *