Pentingnya minum air putih saat berbuka puasa hingga subuh

Haus Ini adalah keluhan paling umum bagi orang yang berpuasa. Terkadang Anda lebih mampu menahan rasa lapar daripada haus. Tidak mengherankan, pada saat berbuka puasa, seseorang segera mencari minuman, apakah itu minuman manis atau air untuk melepaskan dahaga. Sebelum Anda minum secara tidak bijaksana, apakah Anda sudah tahu aturan untuk minum saat sahur dan berbuka puasa? Jika tidak, baca ulasan artikel ini.
Pentingnya minum air putih saat berbuka puasa hingga subuh

jenis air minum, air, air suling, air murni, air suling

Air dan gula tanpa kalori adalah pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh tetap memiliki cukup cairan selama puasa. Air juga mampu mengatasi rasa haus selama masa puasa jika Anda tahu aturan yang benar untuk minum air putih saat puasa dan saat fajar.

Air putih tidak sesederhana yang dipikirkan banyak orang. Di balik kesederhanaan penampilannya, air tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi tubuh, tetapi juga memiliki berbagai keunggulan lainnya.

Jenis minuman lain, seperti minuman bersoda, digolongkan tinggi gula dan kalori sehingga Anda bisa menambah berat badan. Bahkan minuman berenergi yang sering dipilih sebagai sumber cairan harus dipertimbangkan karena mengandung gula dan kafein. Begitu pula saat meminum jus buah botol, selalu perhatikan label produknya. Jadi, air adalah pilihan paling tepat yang harus Anda pilih untuk diminum sesuai dengan aturan waktu istirahat cepat hingga waktu yang tepat.

Karena memang begitu? Karena air dapat mempertahankan kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal dan penting untuk menjaga suhu tubuh normal. Sehingga puasa Anda berlanjut tanpa hambatan.

Minum air putih juga membantu merangsang otot. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Kekurangan air saat puasa akan membuat Anda mudah lelah.

Minum banyak air juga membantu mengontrol asupan kalori tubuh Anda. Air putih telah terbukti jauh lebih baik dalam mencegah kenaikan berat badan daripada minuman berkalori tinggi. Air juga membantu proses mengeluarkan makanan dan minuman dari residu melalui keringat, urin, dan kotoran saat Anda berpuasa.
Apa aturan untuk minum saat sahur dan berbuka puasa agar tidak ketinggalan cairan?

air minum yang tercemar

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Rata-rata, untuk wanita dewasa, dianjurkan untuk minum sekitar delapan gelas 200 ml sehari atau total 1,6 liter. Menimbang bahwa, pria disarankan untuk minum sekitar 10 200 ml gelas atau total 2 liter per hari.

Selain minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan tubuh sekitar 20 persen. Cairan yang berasal dari makanan diperoleh terutama dari buah-buahan dan sayuran, seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda dapat menggunakan formula 2-4-2, gelas pada saat berbuka puasa, gelas setelah layanan doa Maghrib atau sebelum berdoa ke Tarawih. Anda dapat menyesuaikan empat cangkir waktu setelah sholat tarawih malam dan dua gelas pada waktu fajar, ini adalah aturan untuk minum pada waktu fajar dan untuk berbuka puasa dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Yang perlu diketahui, manusia bisa kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), tetapi juga saat mereka berkeringat, bernapas, dan buang air besar. Beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengenali tubuh tanpa cairan, termasuk sakit kepala, merasa kurang energik dan warna urin menjadi gelap atau kurang dari biasanya.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *