Toyota Lampung Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra adalah mobil yang fenomenal, serta perluasan pasar yang hanya dihuni oleh Datsun GO + Panca. Seharusnya apa kelebihan dan kekurangan dari hasil review kami terhadap Toyota Calya yang baru saja disajikan Selasa, 3 Agustus kemarin? Lihatlah artikel ini, karena kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan Toyota Calya

Kelebihan dari Toyota Calya

1. Lega
Dibandingkan dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, mobil ini terlihat sangat sempit.

Interior Toyota Calya

Namun dibandingkan dengan kelasnya, mobil ini jauh lebih lega daripada Datsun GO + Bench. Mulai dari kursi baris kedua dan ketiga, kelegaan ini jauh dibandingkan dengan para pelopor LCGC dengan kursi tiga baris

2. Fitur lengkap
Dengan harga di bawah 150 juta, untuk varian tertinggi mobil ini ia memiliki kenyamanan yang cukup lengkap.

Pintu untuk stasiun pengisian listrik Toyota Calya untuk pengisi daya ponsel

Contohnya termasuk jendela listrik pada keempat pintu yang semuanya dapat dikontrol dari pintu pengemudi (tidak seperti Datsun GO terpisah), cermin listrik, unit speaker 4 kepala dengan USB, konektivitas AUX dan Bluetooth, MID, Mode Eco, lampu kabut dan belakang penghapus.

3. Harga murah
Toyota Calya dijual mulai dari 130 juta hingga 149 juta Rupiah, hampir terpaut lebih dari 60 juta Rupiah, selisih harga dengan Toyota Avanza G AT.

Harga Toyota Calya tipe G

Jadi, jika Anda terlalu berat untuk menebus mobil dengan harga kelas Avanza, mobil ini bisa menjadi penangkal dompet Anda

4. Sirkulator udara
Mungkin Anda lucu ketika mendengar kata Fan yang sering kita ucapkan ketika kami menjelaskan sirkulasi udara.

Toyota Calya AC belakang sirkulasi udara belakang

Tetapi mobil ini tidak dilengkapi dengan pendingin udara double-blower dan menggantinya dengan sirkulasi udara sehingga baris kedua dan ketiga terus menerima udara segar. Alasan Toyota tidak memasok kipas ganda adalah karena takut mengurangi kinerja mesin yang terbatas karena 1.200 cc, setidaknya tidak ada upaya dibandingkan dengan Datsun GO + Bench.

5. Praktis
Hal yang paling berkesan tentang mesin ini adalah kepraktisannya yang sangat baik, hal-hal kecil yang membantu kepraktisan mesin ini tidak berkurang oleh Toyota.

Kursi tip-up satu sentuhan untuk Toyota Calya

Seperti jatuh satu sentuhan, kursi tengah dengan geser, kursi belakang yang dapat dengan mudah dilipat dan sabuk pengaman pusat yang dapat dengan mudah ditarik dari atas bahkan jika itu mengganggu pandangan kursi belakang. Ini patut diacungi jempol.

6. Fitur keamanan yang baik
Mobil ini murah, tetapi fitur keamanannya tidak bermain, bahkan seperti Toyota Fortuner. Ya, Toyota Calya sudah memiliki dua airbag, rem ABS, rem cakram depan, kursi ISOFIX, balok benturan samping, immobilizer, dan 7 sabuk pengaman. Itu kehilangan hanya 1 buah airbag dibandingkan dengan Fortuner yang harganya 3-4 kali lipat dari Calya.

toyota calya indonesia brake abs

7. Bagasi cukup lega dan mudah
Mengingat Datsun GO + Panca bawaan yang praktis bukan tas, Toyota Calya justru sebaliknya, cukup dinaikkan, dapat menampung 3 galon dan 1 tas sekaligus. Di lantai, jika kursi ditekuk, itu bisa sangat terangkat. Yang kami sukai ada di pegangan pintu belakang, yang biasanya tidak ada di mobil mobilitas murah.

Kekurangan Toyota Calya

1. Harus RON 92 atau lebih BBM
Mesin Toyota Calya harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Di mana LCGC harus dirancang untuk meminum bahan bakar dengan nilai oktan di atas RON 92. Saat ini BBM dengan RON di bawah 92 hanya ada 2 jenis mulai dari Pertamina Premium dan Pertalite. Sekalipun lebih murah, Anda harus mengisinya dengan BBM yang lebih mahal.

Mesin Toyota Calya Indonesia

2. Posisi duduk dan kursi pengemudi kurang nyaman
Toyota Calya memiliki kursi yang nyaman. Sebelum itu kurang mendukung, sandaran kepalanya masih terhubung dan terlalu rendah. Posisi duduk tidak dapat dinaikkan baik posisi kemudi maupun sabuk pengaman. Untuk perjalanan panjang, posisi mengemudi seperti ini bisa membuat Anda cepat lelah.

Kursi pengemudi Toyota Calya Indonesia

3. Internal
Mobil murah identik dengan desain interior dengan desain dan material yang buruk. Tentu saja ini juga berlaku untuk mesin ini. Dipenuhi dengan bahan plastik yang murah dan tipis, desain yang diimprovisasi, trim pintu yang mudah disesuaikan dan beberapa komponen yang bergetar ketika ditekan membuatnya tak tertahankan (ya, dashboard terus bergoyang ketika ditekan, revisi pada artikel sebelumnya). Untungnya, kualitas konstruksi dan interior terkoordinasi cukup akurat dibandingkan dengan LCGC dalam kategorinya. Yah, setidaknya sudah ada perbaikan dari Agya.

Dashboard Toyota Calya Indonesia

4. Mesin berkapasitas kecil
Toyota Calya dilengkapi dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan output 88 hp pada 6.000 rpm dan torsi 109 NM pada 4.800 rpm. Di atas kertas mesin ini cukup untuk 5 kursi yang beratnya 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini memiliki bobot lebih, kapasitas penumpang lebih besar dan tentunya tidak lebih aerodinamis daripada Agya. Mesin 1.200 cc ini adalah PR yang hebat bagi Anda yang ingin membawa mobil ini ke luar kota. Selain itu, torsi maksimum dicapai pada angka yang sangat tinggi, jadi ketika kami menguji mobil dari jarak dekat, traksi yang lebih rendah tampak lambat.

sisi toyota calya indonesia
5. Ukuran ban terlalu kecil
Toyora Calya memiliki ukuran ban 195/65 dengan velg 14 inci. Ukuran roda mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi penggunaan lingkar ban sekecil city car membuatnya terlihat kembung, tidak proporsional dan dengan cengkeraman yang buruk. Jika ukuran ban mobil sama dengan Avanza, mungkin lebih bisa diterima.

pelek toyota calya Indonesia
6. Tubuh kurus
Memiliki tubuh yang kurus adalah cara singkat untuk membuat mobil yang ringan dan murah, ini terbukti dalam kelas LCGC yang menggunakan pelat tubuh yang tipis, bahkan 400-500 juta mobil adalah tubuh yang kurus. Bodywork sebenarnya tidak selalu buruk, karena mobil saat ini mencoba menggunakan baja kekuatan tinggi yang lebih kuat walaupun tipis, tetapi untuk mobil murah? Ah tidak masalah, jangan berharap terlalu banyak.

toyota calya indonesia kembali
7. Tidak ada sensor sudut
Ada hal yang menarik jika kita membandingkan Calya dan Sigra, tipe Sigra yang lebih tinggi memiliki sensor sudut depan untuk memudahkan parkir. Bagi Anda yang masih belajar atau tidak terbiasa membawa mobil ini, akan sangat berguna saat berkendara di jalur kecil atau tempat parkir. Tetapi jika Anda melihat Calya, ternyata fungsi ini tidak ada.